Unisnu Raih Juara I Olimpiade Nasional Perbankan Syariah


Foto: Dokumen UNISNU

JEPARA - Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Fakultas Syariah & Hukum Unisnu Jepara menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Nasional Perbankan Syariah, Rabu (25/9/2019). Tim Unisnu Jepara berhasil menyabet dua gelar, yakni Juara 1 yang diraih oleh Tim Kalinyamat, dan Juara harapan 1 yang diraih oleh Tim Kartini.

Gelaran Olimpiade Nasional 2019 tahun ini berlangsung di Aula 1 lantai 2 kampus 1 UIN Walisongo Semarang, mengambil tema “Filantropi Islam (Zakat & Wakaf) Menuju Sustainable Economic Development  di Era Revolusi Industri 4.0?

Sebanyak 90 Peserta dari beberapa perguruan tinggi turut berpartisipasi dalam ajang Olimpiade Nasional yang diselenggarakan oleh UIN Walisongo Semarang ini, beberapa di antaranya UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Walisongo Semarang, STIE Semarang, Universitas Gunadarma, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, UIN Malang, IAIN Pekalongan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Airlangga, dan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Di babak final yang diselenggarakan dengan format Focus Group Discussion (FGD), Tim Kalinyamat berhasil mengungguli tim dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Walisongo Semarang, dan Tim Kartini yang juga berasal dari Unisnu Jepara.

Tim Unisnu melakukan persiapan selama satu minggu untuk menghadapi olimpiade nasional ini, “Tim Unisnu melakukan persiapan selama satu minggu full, bahkan sampai malam, latihannya mulai dari latihan vokal untuk FGD (Focus Group Discussion), latihan LCC (Lomba Cerdas Cermat), dan materi-materi yang berkaitan dengan perbankan syariah dengan didampingi dosen dari fakultas Syariah dan Hukum” ujar Desy, salah satu peserta dari tim Kalinyamat Unisnu Jepara

Tim Kalinyamat beranggotakan Minka Nafisatu Munana, Desy Rahma Fitriana dan Nasriyatul Hana, sedangkan Tim Kartini beranggotakan Khoirum Rodhiatul Ifa, Latifatus Sania dan Rena Aisyah Rona.

“Keberhasilan kami khususnya tidak lain berkat dukungan dan doa dari seluruh dosen dan teman-teman Fakultas Syariah dan Hukum serta sivitas Unisnu Jepara pada umumnya” tutur Minka Nafisatu Munana.

Olimpiade Nasional diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang guna mengembangkan potensi keilmuan yang dimiliki mahasiswa. Olimpiade ini terdiri dari 3 jenis kategori lomba yakni Olimpiade Ekonomi Islam, Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah.

Penulis : PTKIS
Editor   : Kopertais 10