Wisudawan Unisnu Jepara Diharapkan Bermanfaat bagi Kemaslahatan Umat


Foto: Istimewa

JEPARA - Tantangan kehidupan bermasyarakat semakin kompleks, seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi, telah menuntut para alumni perguruan tinggi tidak hanya memiliki kompetensi akademik yang mumpuni, namun juga memiliki kemampuan problem solving yang handal, berperan serta dalam kemaslahatan ummat dan berguna bagi sesama.

Hal tersebut disampaikan Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sadullah Assaidi, M.Ag kepada 496 mahasiswa dalam pelaksanaan wisuda ke 13 Unisnu Jepara di Gedung Wanita RA. Kartini Jepara, Jl. HOS Cokroaminoto, Jepara, Rabu (30/10/2019).

Unisnu tidak hanya mempersiapkan alumni atau sumberdaya manusia (SDM) untuk menjadi tenaga akademik dan profesional dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya tertentu secara spesifik, tetapi juga harus siap dan berperanserta dalam meningkatkan kemampuan dan bermanfaat bagi kemaslahatan ummat demi ketahanan nusa dan bangsa Ujar Rektor Unisnu Jepara.

Hal senada disampaikan oleh Plt Bupati Kab. Jepara Dian Kristiandi. Dalam sambutannya, Plt Bupati yang akrab disapa Mas Dian tersebut juga mengingatkan kepada para alumni untuk berperan serta dan bersinergi Lulus kuliah ibarat lulus dari padepokan, setelah ini akan menghadapi dunia nyata untuk bersinergi membangun negeri ini ujarnya.

Dengan adanya lulusan Unisnu ini, beliau berharap semakin banyak cendekiawan yang ikut berkontribusi terhadap pendidikan di Jepara. Dalam wisuda Unisnu yang ke-13 ini, mas Dian menyempatkan diri untuk menghibur wisudawan dengan menyumbangkan sebuah tembang Layang Kangen dari Didi Kempot seusai menyampaikan sambutannya.

Wisuda ke-13 Unisnu Jepara dihadiri juga oleh Sumarno, SE, M. Si., mewakili Kepala LLDikti wilayah 6 Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd., Kons yang berhalangan hadir dan juga Dr. Ruswan, MA Sekretaris Kopertais wil 10 Jawa Tengah. Ada yang spesial dalam pelaksanaan wisuda Unisnu Jepara kali ini.

Di luar kebiasaan, rombongan senat dan Forkopinda diarak dari Pendopo Kartini menuju tempat pelaksanaan wisuda di gedung Wanita RA. Kartini Jepara dengan delapan kereta kuda.

Dalam wisuda kali ini, Unisnu juga meluluskan enam mahasiswa penerima bidikmisi. Keenam mahasiswa tersebut berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Hingga Oktober 2019, Unisnu Jepara telah mewisuda sebanyak 9.336 alumni dan telah terdistribusi ke dalam berbagai profesi dan pekerjaan di berbagai daerah. Serapan alumni di dunia usaha juga sangat tinggi, karena Unisnu Jepara telah menyiapkan para mahasiswa dengan kompetensi unggul agar memiliki daya saing tinggi. 
Secara administratif, data seluruh wisudawan juga telah dilaporkan kepada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL).

Dengan demikian maka ijazah yang dikeluarkan telah sah dan sesuai dengan regulasi yang berlaku dan dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, studi lanjut, terutama pendaftaran calon pegawai negeri sipil yang mensyaratkan data ijazah dapat diverifikasi dalam layanan daring tersebut.

Penulis : PTKIS
Editor   : Kopertais 10